Sabtu, 29 Agustus 2015

Visual Aural Range

Visual Aural Range adalah salah satu jenis sistem navigasi dengan memanfaatkan gelombang radio. Sistem ini berada di daratan. Dengan sistem ini suatu pesawat udara dapat dengan tepat menentukan posisinya relatif terhadap pemancar di daratan tersebut.
prinsip kerjanya adalah sebagai berikut, empat sinyal yang terpisah dipancarkan pada frekuensi radio yang sama melalui antena - antena yang dapat diarahkan. Dua dari sinyal - sinyal yang tadi dipancarkan berbentuk kode morse, yaitu satu menyatakan huruf N (garis titik) dan yang lain menyatakan huruf A (titik garis). Dua sinyal yang lain dimodulasikan masing - masing oleh nada - nada 90 Hz dan 150 Hz.
Di dalam pesawat udara, suatu alat penerima akan mendemodulasikan keempat sinyal tersebut. Sinyal N dan A diubah menjadi nada - nada yang dapat didengar oleh pilot, dan nada - nada 90 Hz dan 150 Hz diubah menjadi sinyal - sinyal arus searah yang mana ditunjukan dengan warna biru dan hijau pada suatu peralatan. Bentuk gelombang dan  arah dari keempat sinyal yang dipancarkan tersebut adalah seperti ini :
                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar